Pages

03 August 2011

Penguasa Di Pulau Komodo

Foto Komodo
Lihatlah foto komodo ini, komodo merupakan kadal terbesar yang panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya sekitar 70 - 90 kg. Satwa ini hanya terdapat di Nusa Tenggara di Pulau Komodo, Padar dan Rinca serta beberapa pulau kecil di selat antara Sumbawa dan peisisr barat serta utara Flores yang dijadikan Tempat Wisata. Komodo senang tinggal di dalam liang-liang tanah, kadang di bawah batu atau susunan akar pohon. Komodo dapat bergerak dengan cepat / lari dengan perut tanpa menyentuh tanah tapi  juga dapat berenang di air..

Hewan komodo termasuk jenis karnivora, meskipun mereka kebanyakan memakan bangkai hewan. Komodo menggunakan penciumannya untuk menemukan hewan mati atau sekarat sampai jarak 9.5 km dan komodo juga dapat merobohkan babi besar dan rusa dengan menggunakan ekornya yang kuat sehingga pantas disebut Penguasa Pulau Komodo.

Musim kawin hewan komodo terjadi antara bulan Mei dan Agustus, dengan musim bertelur yang pada bulan September (Seekor komodo bisa bertelur 15-30 butir telur). Selama periode ini, komodo jantan berebut komodo betina dan wilayah dengan bergulat satu sama lain menggunakan kaki belakang mereka dengan pecundang yang dirobohkan ke tanah.

0 komentar:

Post a Comment