Pages

31 August 2011

Tempat Wisata Danau Toba (Lake Toba)

Pasti banyak yang sudah mendengar nama Tempat Wisata Danau Toba (Lake Toba) bahkan namanya sudah sampai di berbagai negara. Sebelum anda tau lebih lanjut mengenai tempat wisata ini mungkin ada baiknya saya ceritakan sedikit sejarah Danau Toba alias the legend of danau toba hehehe.


Foto Danau Toba (Lake Toba)
Jadi sejarahnya seperti ini, menurut Wikipedia, Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2800km3, dengan 800km3 batuan ignimbrit dan 2000km3 abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari cina sampai ke afrika selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 KM diatas permukaan laut. Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkan soal itu. Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

Ada pun cerita / dongen Danau Toba yang mencaritakan tentang seorang petani yang menyelamatkan seorang wanita cantik dari kutukannya sebagai seekor ikan, setelah itu mereka menikah dan mempunyai seorang anak. setelah anaknya besar petani tersebut sering memarahi anaknya dan akhirnya anak dan istrerinya lenyap sehingga air pun muncul dari bekas telapak kaki si petani dan menyebebkan air yang keluar tanpa henti hingga menyebabkan genangan air yang luas. Dan itulah Danau Toba.

Dari sejarah ataupun legenda Danau Toba (Lake Toba) dan pulau Samosir tersebut pastinya anda penasaran kan? maka saatnya anda menikmati keindahan alam semesta dari Danau Toba ini, adapun lokasi Danau Toba berada di  beberapa Kabupaten antara lain Kab. Simalungun, Kab. Samosir, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Humbang Hasundutan, Kab. Karo, dan Kab. Dairi, Sumatera Utara, Indonesia.  Untuk mencapai lokasi wisata, pengunjung dapat melalui rute Kota Medan-Parapat atau pun melalui rute Medan-Berastagi yang berjarak lebih kurang 176 km dengan waktu tempuh kurang lebih empat jam dengan kendaraan darat. Fasilitas Lainnya dapat ditemukan dipesisir danau , baik penginapan atau pun hotel berbintang, Restoran dan kafe.

0 komentar:

Post a Comment