Pages

25 August 2011

Tempat Wisata Goa Maria Sendangsono

Foto Goa Maria Sendangsono
Tempat Wisata Goa Maria Sendangsono merupakan salah Satu tempat wisata indonesia yang rajin dikunjungi pengunjung, Sendangsono disebut juga sebagai Lourdes dari Indonesia. Tempat ziarah ini mendatangkan pengunjung dari berbagai wilayan Indonesia khususnya Jawa, bahkan ada pula dari Bali, Sulawesi dan Kalimantan pun sering dijumpai di lokasi Sendangsono tersebut.
Sebelum tahun 1904, tempat wisata Sendangsono ini lebih dikenal dengan nama Sendang Semagung, berfungsi sebagai persinggahan para bhikku yang ingin menuju daerah Boro, wilayah sebelah selatan Sendangsono. Namun, sejak 20 Mei 1904 atau kedatangan Pastor Van Lith dan pembaptisan 173 warga Kalibawang menggunakan air sendang, tempat ini mulai berubah fungsi sebagai tempat ziarah umat Katholik.

Mengapa saya bilang Tempat Wisata, karena selain berziarah ada juga para pengunjung yang memanfaatkan keindahan alam di sekitarnya. Goa Maria Sendangsono sangat rindang dan sejuk sehingga membuat pengunjung sesalu teringat akan nama Sendangsono tersebut.
Jalan salib pendek bisa menjadi pilihan ibadah untuk mengenang kesengsaraan Kristus memanggul kayu Salib. Di setiap pemberhentian jalan salib itu, anda bisa menyalakan lilin sekaligus berdoa dan mengingat peristiwa-peristiwa penting dalam perjalanan Kristus menuju Bukit Golgota, seperti saat kristus jatuh dua kali saat memanggul kayu salib, saat Veronica mengusap wajah Kristus dengan sapu tangannya hingga saat akhir menjelang kematian Kristus.

Untuk mencari ketenangan batin Anda bisa berdoa di depan Gua Maria yang terletak di belakang pohon sono. Banyak orang memanjatkan doa dengan bersimpuh dan menyalakan lilin di depan gua ini. Anda bahkan bisa menuliskan permohonan atau curahan hati anda dalam secarik kertas, lalu memasukkannya dalam pot tempat pembakaran surat agar Tuhan menerimanya. Asal tahu, patung Bunda Maria yang ada di kompleks ini didatangkan khusus dari Spanyol. 

Sendangsono selalu terbayang dalam benak Ku, jika anda ke Jogja atau Semarang teruskanlah langkah Anda menuju Sendangsono karena selain berziarah, Anda akan merasa nyaman melebihi tempat wisata menapun. Lokasi tempat wisata Sendangsono terletak pada Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Jogja, Indonesia.

1 komentar:

Terima kasih sudah membagikan artikel yang bermanfaat ini .
Olahraga

Post a Comment