Pages

13 September 2011

Tanaman Ubi Jalar

Tanaman ubi jalar merupakan tanaman yang membentuk umbi pada akar dan mengandung protein yang tinggi. budidaya ubi jalar juga sangat mengutungkan karena selain bisa langsung di konsumsi, ubi jalar juga bisa diolah menjadi tepung.


Foto ubi jalar ungu
Di beberapa negara harga tepung ubi jalar lebih tinggi dibanding tepung terigu. Salah satu contoh makanan dari ubi jalar adalah cake ubi jalar yang dibuat dengan tepung ubi jalar,
ataupun puding ubi jalar yang sering dibuat untuk hidangan penutup. Sudah banyak jenis makanan yang merupakan hasil olahan ubi jalar. Selain cake dan puding, ubi jalar juga bisa digunakan untuk membuat es krim

Jenis-jenis ubi jalar dibedakan menjadi:
- Ubi jalar kuning
- Ubi jalar ungu atau sering disebut ubi jalar merah.

Ubi jalar yang lebih bergizi adalah ubi jalar ungu atau yang disebut ubi jalar merah. satu buah ubi jalar ungu bisa mencukupi 42% vitamin c sehari. Ubi jalar ungu kaya akan serat sehingga dengan meynyantap ubi jalar ungu 2 atau 3 kali seminggu sudah mencukupi kebutuhan serat untuk seminggu.

Ubi jalar ungu dapat mengoptimumkan produksi hormone melatonin, karena berlimpah vitamin A & E . Dengan rajin makan ubi jalar ungu, ketajaman daya ingat dan kesegaran kulit serta organ tetap terjaga. Kombinasi vitamin A dan vitamin E dalam ubi jalar ungu bekerja sama menghalau stroke dan serangan jantung. Betakarotennya mencegah stroke sementara vitamin E ubi jalar ungu mecegah terjadinya penyumbatan dalam saluran pembuluh darah, sehingga munculnya serangan jantung dapat dicegah.Manfaat tersebut didukung pula oleh kandungan serat dalam ubi jalar ungu.

Per seratus gram ubi jalar ungu mengandung:
Protein 1.8 g
Lemak 0.7 g
Karbohidrat 27.9 g
Mineral 1.1 g
Kalsium 49 mg
Vitamin A (retinol) 2310 mcg
Vitamin C (askorbat) 20 mg
Sumber: ahli gizi daerah

0 komentar:

Post a Comment