Pages

05 September 2011

Tempat Wisata Taman Laut Takabonerate

Tempat Wisata Taman Laut Takabonerate terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, sekitar 25 kilometer dari Benteng, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar, atau 300 kilometer dari Kota Makassar. Taman Laut Takabonerate menyediakan berbagai aktifitas seperti berenang, menyelam, snorkeling, dan memancing. Taman Laut Takabonerate adalah sebuah area yang masih terjaga kelamiannya. Sepanjang mata memandang hanya laut yang biru hamparan karang yang terlihat menyembul.
Pulau-pulau di sekitarnya tampak hijau dengan berbagai ragam tumbuhan serta memiliki pantai landai berpasir putih. Takabonerate mempunyai sejumlah kelebihan-kelebihan yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Bunaken di Manado.

Takabonerate picture
Lokasi Taman laut Takabonerate ini memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Maldives. Luas atol tersebut sekitar 220.000 hektar dengan terumbu karang yang tersebar datar seluas 500 kilometer persegi, terumbu karang yang sehat dan indah, dan kaya akan fauna laut. Ada 261 jenis terumbu karang yang telah teridentifikasi dari 17 famili. Indah berwarna-warni di dasar laut dan menjadi tempat berbagai macam ikan hias. Sebagian besar jenis karang tersebut telah membentuk terumbu karang atol (barrier reef) dan terumbu tepi (fringing reef). Semuanya tumbuh dengan sehat. Sedangkan tumbuhan yang terdapat di daerah pantai Takabonerate didominasi oleh kelapa (cocos nucifera), pandan laut (pandanus sp.), cemara laut (casuarina equisetifolia), dan ketapang (terminalia catappa).

Adapun jenis ikan di di lokasi taman laut Takabonerate seperti kerapu, cakalang, napoleon wrasse, dan baronang. Jenis-jenis penyu yang tercatat adalah penyu sisik, penyu hijau, dan penyu lekang. Ada pula jenis moluska, seperti lola, kerang kepala kambing, triton, batulaga, kima sisik, kerang mutiara, dan nautilus berongga (Nautilus pompillius). Ada 15 buah pulau di Taman Laut Takabonerate. Di pulau-pulau itu tersedia penginapan milik penduduk setempat. Panorama sunset dan sunrise sangat menakjubkan dilihat dari pulau-pulau itu. Pasirnya yang indah dan pemandangan yang sangat menakjubkan, Anda juga bisa berjemur diri seperti di Kute Bali. Takabonerate akan menjadi taman laut yang tidak kalah dengan taman laut Nasional lainnya, tempatnya sangat romantis lho sehingga membuat Takabonerate asik buat mejeng.

1 komentar:

Terima kasih untuk Artikel yang sangat bermanfaat bagi kita semua bro, Kesempatan untuk dapat berbagi berita dengan Prediksi Bola dan Togel yang dikutip dari berbagai sumber persebahan http://likescore88.blogspot.com/ - Terima kasih telah menyisihkan waktu untuk membaca komentar saya dan jangan lupa untuk mengunjungi blog http://likescore88.blogspot.com/2013/07/agen-judi-bola-terpercaya.html... yah bro.

Post a Comment