Pages

23 September 2011

Tips Mengatasi Penyakit Asam Urat

Gambar nyeri pada penyakit asam urat
Kali ini saya ingin memberi tips mengatasi penyakit asam urat, sebelum kita mengatasi penyakit asam urat, sebaiknya kita mengenal dulu penyebab dari penyakit asam urat tersebut.

Penyebab penyakit asam urat adalah kelebihan asam urat pada ginjal  sehingga ginjal tidak mampu lagi mengatur kestabilannya, maka asam urat in akan menumpuk pada jaringan dan sendi. Pada saat kadar asam urat tinggi, akan timbul rasa nyeri yang hebat terutama pada daerah persendian.

Salah satu cara untuk mengatasi asam urat ialah dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi atau menghindari makanan yang banyak mengandung purin.  Pada umumnya kaum pria yang lebih sering menderita penyakit asam urat, karena kadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia.

Gejala asam urat seperti kesemutan dan linu, nyeri terutama pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur, sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi hari.

Cara menyembuhkan asam urat diantaranya, melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal (kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria), kontrol makanan yang dikonsumsi, dan banyak minum air putih karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Trus apa sih pantangan asam urat? pantangan asam urat diantaranya, lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak, makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting, makanan kaleng seperi kornet dan sarden, daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau.

Pengobatan herbal asam urat yang saya anjurkan adalah
- Sirsak. Dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari
- Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas,  diminum pagi dan sore
- Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari.
- Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hanagt dan diminum selama 1 minggu
- kentang mentah dan apel malang dijuice.

Mudah-mudahan tulisan mengenai penyakit asam urat dan pengobatannya ini bisa membantu sobat melakukan pencegahan penyakit asam urat ataupun dapat mengatasi asam urat sobat. Diambil dari berbagai sumber kesehatan.

1 komentar:

postingan yang bagus tentang tips mengatasi penyakit asam urat

Post a Comment